pitek

Saturday 19 November 2016

Surga Tersembunyi di Ciheras, Cipatujah Tasikmalaya


Piknik sekalian tugas skripsi saya mengambil data di Pusat Riset Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin di desa Ciheras kecamatan Cipatujah Kab Tasikmalaya saya akan membahas keindahan desa Ciheras ini, pemandangan pantai nya yang masih asri indah sepi berpasir putih menurut saya pantai di desa ciheras ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan suasana pantai yang sepi masih asri karena pantai ini masih sedikit pengunjungnya. Rekomendasi banget lah bagi kamu yang ingin mendinginkan otak.
Desa Ciheras ini terletak di sisi selatan Kab Tasikmalaya berbatasan langsung dengan samudra Hindia.
Peta Desa Ciheras

Menurut letaknya, koordinat lokasi Desa Ciheras berada pada 107 54’34,61”E – 7 44,18’74” dan 107 58’6,1” – 7 40’15,99” S dengan luas wilayah ± 23, 25 km2. Desa Ciheras memiliki batas wilayah sebagai berikut :
Utara             : Desa Cipanas (Kabupaten Tasikmalaya)
Selatan           : Samudera Indonesia
Barat              : Desa Sancang, Kecamatan Pameungpeuk (Kabupaten Tasikmalaya)
Timur              : Desa Ciandum (Kabupaten Tasikmalaya)
Secara topografi, Desa Ciheras terdiri dari 2 bagian, yaitu dataran sepanjang daerah timur hingga selatan dan perbukitan landai tinggi sepanjang daerah utara hingga barat. Keadaan tanah umumnya berupa pasir yang mengandung pasir besi, terutama dibagian garis pantai selatan. Sedangkan untuk daerah utara, tanahnya merupakan tanah biasa. Kondisi geografis yang beragam memunculkan pemanfaatan yang beragam pula. Didaerah dataran, terdapat banyak pohon kelapa, albasiah, dan sawah tadah hujan. Pada daerah tepi pantai, terdapat kegiatan pengerukan pasir besi dibagian barat desa Ciheras dan beberapa usaha tambak udang dan ikan.
Di setiap jalan ciheras cipatujah terdapat pohon kelapa
Akses menuju desa Ciheras cukup mudah. Dari Kota Tasikmalaya, terdapat bis jurusan Tasik-Ciheras dan Tasik-Pameungpeuk untuk mencapai desa ini. Kondisi jalan utama dari Tasikmalaya ke Ciheras tergolong baik sudah di aspal hotmix, sepanjang desa Ciheras jalanya juga sudah lumayan baik berupa aspal beton yang dibangun dari dana PNPM lihat foto diatas.
Jembatan penghubung menuju desa ciheras ini jembatan terpanjang karena melewati sungai, dibawah nya banyak warga yang sedang menambak ikan atau udang
Jarak yang ditempuh dari kota Tasikmalaya ke Desa Ciheras adalah +- 85 km, esmitamasi waktu perjalanan  sekitar 2,5 jam menggunakan bis, jika menggunakan kendaraan pribadi mobil meungkin sekitar 2 jam jika memakai motor 1,5 jam bisa nyampe dengan kecepatan rata -rata 80 km/jam (seperti yang saya lakukan). Kondisi jalanan sangat cocok bagi yang hobi touring,aspal hotmix yang mulus bahu jalan yang besar lebar serta tikungan - tikungan yang enak untuk di ajak cornering ditambah lagi kondisi lalu lintas tergolong sepi mungkin hanya ada 2 atau 3 kendaraan yang bisa ditemui selebihnya kosong kamu bisa bergaya cornering dijalan track lurus kamu bisa meraih top speed yang di inginkan pokoknya jalan nya rekomendasi banget bagi yang hobi touring. Terlebih jika sudah memasuki area perhutanan perjalanan akan semakin menarik karena banyak panorama kenindahan alam yang sangat memukau membuat fresh pikiran dan mata. Bila kamu capek kamu bisa berhenti dulu banyak warung warung yang yang berjejer di sepanjang jalan kamu bisa makan sambil minum air kelapa muda atau hanya sekedar istirahat saja atau jika kamu yang ingin buang air tersedia juga.
Perjalanan memasuki area perhutanan

Jika kamu lapar, capek atau ingin buang air, kamu tinggal berhenti saja di warung warung yang tersedia disepanjang jalan
Pantai destinasi yang tersedia di Ciheras Tasikmalaya ada banyak, tapi yang paling terkenal adalah Pantai Pesanggrahan, Pantai Pamayang, Pantai Sindangkerta, Laut Ciheras dan masih banyak lagi. Berikut adalah foto foto Desa Ciheras kecanatan Cipatujah Kab Tasikmalaya yang berhasil saya abadikan dengan kamera hp saya dan action cam saya






Pasir nya putih broo



Selain piknik kita bisa membeli ikan laut ke nelayan yang pastinya murah broo kalau beli langsung ke nelayan banyak nelayan nelayan yang mancing di sepanjang pantai






Di bawah ini adalah foto - foto Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin milik Ricky Elson




Galeri foto lain








Demikian yang bisa saya sampaikan, maaf kalau kurang puas galeri foto nya, karena keterbatasan waktu saya, dan cuaca sedang tidak mendukung, Insya Allah alain kali akan saya liput habis - habisan haahha.
Sumber foto :
Pribadi dan Google maps streetview (untuk tambahan)

Kontak :
FB        : Nanang Rizal
IG         : nanangrizal7
Line       : retcoe1991
email      : semangat1991@gmail.com

No comments:

Post a Comment