pitek

Tuesday 15 November 2016

Mengapa Burung tidak tersengat arus listrik ketika hinggap di konduktor Jaringan Tegangan Menengah ?

Banyak yang bertanya, mengapa burung yang hinggap di konduktor jaringan tegangan menengah tidak tersengat listrik ?? hmm. Apakah burung tersebut mempunyai kekuatan magic ?? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan jelaskan dulu mengapa kita bisa tersengat listrik ?
Syarat Listrik mengalir adalah karena ada nya perbedaan tegangan di antara kedua ujung kutub nya, listrik akan mengalir dari yang mempunyai potensial tinggi ke yang mempunyai potensial rendah. Jika tidak ada perbedaan potensial diantara kedua ujungnya maka listrik tidak akan mengalir.
Nah kenapa kita bisa tersengat listrik ? Kita bisa tersengat listrik jika tubuh kita misalkan tangan menyentuh terminal sumber ujung listrik yang Fasa (yang bertegangan yang apabila dites menggunakan tespen menyala) dan kaki kita menyentuh bumi dalam hal ini tanah, lantai, dinding atau apa saja semua yang terhubung ke bumi sudah pasti kita akan tersengat, karena ada perbedaan tegangan antara sumber listrik yang bertegangan/potensial 220 volt dan bumi yang potensial nya 0 volt yang menyebabkan arus listrik mengalir dari sumber ke tanah/lantai melalui pelantara tubuh kita makanya dari itu kita akan tersengat arus listrik.
arus listrik mengalir dari sumber listrik terminal fasa menuju bumi yang potensial nya nol yang menyebabkan kita tersengat listrik

Namun kita tidak akan tersengat listrik apabila kita menggunakan alas kaki supaya tidak menyentuh ke bumi, mengapa ? karena badan kita tidak menyentuh bumi maka tidak akan terjadi  perbedaan potensial dan arus listrik pun tidak akan mengalir.
Terus apa hubungan nya dengan burung ? Iya burung jelas tidak akan tersengat listrik karena kedua kaki burung hanya menempel atau bertengger pada satu konduktor/penghantar saja sehingga tidak terjadi perbedaan tegangan diantara kedua ujung kaki nya maka burung akan terbebas dari sengatan listrik. Namun beda ceritanya jika ujung kaki burung tersebut menempel lagi pada ujung konduktor yang lain atau menyentuh bumi sudah dipastikan burung tersebut mati tersengat listrik karena akan terjadi perbedaan potensial yang akan mengalir melalui tubuh burung tersebut.

Foto burung tidak akan tersengat listrik karena kedua ujung kaki nya hanya menempel pada satu konduktor saja/penghantar

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini !
keterangan :
Neutral : terhubung ke bumi potensial nya 0
Hot atau Fasa :  terhubung ke sumber listrik yang mempunyai potensial listrik, misalkan potensial nya 120 volt.
Dari gambar diatas kita bisa simpulkan jika kedua ujung terminal lampu di hubungkan ke satu konduktor/penghantar/kabel (mau penghantar neutral ataupun hot/fasa sama saja) maka lampu tersebut tidak akan menyala karena tidak ada perbedaan potensial maka arus listrik pun tidak akan mengalir sama saja dengan burung, burung tersebut tidak tersengat listrik karena tidak terjadi perbdaan potensial.
Namun jika lampu tersebut kedua ujung nya di sambungkan ke penghantar hot/fasa dan neutral maka lampu tersebut akan menyala karena terjadi perbedaan potensial antara penghantar hot/fasa dan penghantar neutral yang menyebabkan arus listrik mengalir ke lampu sehingga lampu menyala, sama juga dengan burung jika kedua kaki burung menyentuh penghantar yang berbdeda sudah pasti burung tersebut akan tersengat listrik karena terjadi perbedaan potensial.
Sekian dan terimakasih.

Kontak :
FB       : Nanang Rizal
IG        : nanangrizal7
LINE    : retcoe1991
email     : semangat1991@gmail.com

No comments:

Post a Comment