pitek

Sunday 30 October 2016

Kenapa Ban Motor MotoGP Botak dan Halus ?





Pernakah kamu berpikir kenapa ban MotoGP botak dan halus terlebih saat balapan dalam kondisi kering ? Lha wong ban botak itu tidak boleh ya katanya bisa bahaya, bisa bisa kita akan tergelincir. Lalu kenapa ko ban Motor MotoGP botak ? Pasti banyak yang berpikir dan bertanya tanya. Hmm baiklah mimin akan jelaskan

Untuk menjawab nya kita bahas dulu, fungsi alur atau motif ban
Secara singkat fungsi alur atau motif pada ban digunakan untuk mengalirkan air pada saat kendaraan melewati genangan air, sebenarnya tidak hanya untuk mengalirkan air tetapi juga lumpur. Kenapa harus dibuat begitu, semua demi keselamatan pengendaran apabila tidak dibuat alur atau motif alias botak di jalanan kering ban tidak akan slip tapi jika di jalanan basah kemungkinan besar Anda akan tergelincir jatuh karena daya cengkram ban terhadap aspal terhalang oleh air, nah disitulah fungsi alur, motif atu corak ban itu.

Nah kembali ke ban MotoGP yang halus, ban ini hanya digunakan untuk kondisi lintasan yang kering, maka dari itu tidak dibutuhkan alur, untuk kondisi hujan dan lintasan basah, digunakan ban khusus yang mempunyai alur agar saat melewati jalanan yang basah tidak tergelincir.

Kenapa harus dibuat botak gitu ? Mengapa tidak tergelincir ? itu disebabkan karena ban yang tidak menggunakan alur pada permukaannya otomatis bagian ban yang menempel pada jalan lebih banyak dari pada ban yang mempunyai alur, dan dengan begitu traksi atau cengkraman ban akan lebih besar dan itu benyebabkan motor tidak mudah tergelincir. Pihak MotoGP juga sudah memperhitungkan dengan menghilangkan alur pada ban dapat meningkatkan handling dan pengereman, sehingga sangat cocok untuk balapan.

Tidak semuanya ban yang digunakan di MotoGP botak, Ban motoGP yang mempunyai alur atau motif hanya digunakan pada saat kondisi lintasan basah, fungsinya untuk apa ? sudah dijelaskan diatas.
Ban belakang Motor Valentino Rossi (terlihat ada alur nya)
Ban depan motor milik Marq Marqes (terlihat ada alurnya)

Kembali lagi ke kita sebagai pengguna ban harus seperti gimana ? Apakah ban botak bisa digunakan untuk pemakaian sehari hari ? Tentu saja secara logika bisa saja, tapi ingat hanya untuk kondisi jalan kering saja tapi untuk kondisi jalan basah tidak direkomendasikan bisa bisa anda tergelincir.
Untuk kita sebagai pengguna ban motor biasa terlebih musim kita ada dua hujan dan kering pilihlah ban sesuai standard pabrikan yang mengeluarkan (yang mempunyai alur).

Kontak
FB : Nanang Rizal
IG : nanangrizal7
Line : retco1991
email : semangat1991@gmail.com

No comments:

Post a Comment