pitek

Tuesday 29 May 2012

SEJARAH LAPTOP

SEJARAH LAPOP

Buat sobat sobat semua,,pasti udh taukan apa itu LAPTOP???. LAPTOP ato sering disebut juga NOTEBOOK (untuk sebutan LAPTOP yg ada DVD/CD RW nya) atau NETBOOK ato LAPTOP MINI ( untuk sebutan LAPTOP yg tidak ada DVD/CD RW nya) adalah komputer portable ato komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaftor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Ide kemunculan laptop adalah pada tahun 1981 ada yg menyebutkan juga 1970 tapi tarik kesimpulan lah sekitar tahun itu (dari berbagai sumber yg ane baca). Ide pembuatan komputer portable pertamakali di gagas oleh Alan Kay, seorang ilmuan dari Amerika Serikat. Memang Amerika master nya Elektro dari sejak dulu.
Alan Kay lahir pada tanggal 17 Mei 1940. Alan Kay sudah menggagas komputer portable ini sebelum orang lain membayangkannya. Dan ide dari Alan ini disambut oleh Adam Osborn. Beliau adalah publisher software dan bekerja di sebuah penerbitan buku di Amerika, lahir paa 6 Maret 1939 di Bangkok dan meninggal pada 18 Maret 2003 di Kodaikanal, India.
Proyek komputer portable pertama ini diberi namA "OSBORNE 1". Dirilis pada bulan April 1981 oleh  "OSBORNE COMPUTER CORPORATION". Memiliki berat 23,5 pon atau sekitar 10,7 kg dan berharga $1795 atau sekitar 16 jutaan rupiah. Alat ini mungkin terlihat aneh ya, berukuran super besar dan dilengkapi layar monitor 5 in. Menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan dan 2 floppy drive ukuran 5 ¼ in, modem port, dan keyboard. Kemudian penemuan itu terus dikembangkan hingga sekarang dan mungkin saat ini sobat sobat semua sedang menggunakannya.
Kata LAPTOP itu sendiri terdiri dari 2 suku kata "LAP" yang artinya "pangkuan" dan "TOP" di atas" jadi arti nya di atas "pangukan" sehingga arti seraca harpiah nya adalah "komputer yang bisa di bawa kemana-mana, ato di jinjing dan bisa diletakan diatas pangkuan kita".
Ini dia foto Osborne1 LAPTOP pertama dibuat
mari kita lihat dalem nya
 (1) Cathode ray tube.
(2) Characters generator ROM.
(3) Disk drives controler card.
(4) RAM memory chips (64 Kb).
(5) Brightness adjustment.
(6) Contrast adjustment.
(7) External power plug.
(8) System init button (Reset).
(9) External monitor plug.
(10) Numerical keypad.
(11) Keyboard connector.
(12) BIOS ROM (Basic input/Output routines).
(13) Modem connector.
(14) Parallel IEEE-488 connector.
(15) Serial RS-232 connector.
(16) Motorola 6821 chipset handling the IEEE-488 port.
(17) Motorola 6850 chipset handling the serial port.
(18) Zilog Z80-A microprocessor.
(19) Double density 1/4 height disk drives.
Klo pengen lihat video nya klik di sini

Spesifikasi Osborne 1
Mikrprosesor Zilog Z80 Clock Speed 4.0 Mhz
RAM 64 KB
Monitor 5 inchi Monochrome
Operating System CP/M

Walaupun Osborne 1 hanya berahan sebentar, tapi Osborne ini adalah tonggak pertama sejarah LAPtop, klo tidak ada Osborne 1 ini kita sekarang tidak akan pernah mengenal laptop
Sekian dan terimakasih


No comments:

Post a Comment